Dapatkan Berita Terbaru Dari Bali Gift dan Bali Home SPA

Subscribe to bali-gift

Powered by us.groups.yahoo.com

Rabu, 26 September 2007

CC Talks

Kebetulan saya sempet sharing pendapat tentang penggunaan Kartu Kredit atas pertanyaan yang diajukan mb Mirta di milis BIB. Detail, see below ya ...



Dear BiBers,

Sori nih mungkin sebenernya aku bisa nanya2 juga pas acara BiB Big Event Sabtu besok, tapi rasanya dah ga tahan pengen nanya, pengen tau pengalaman Bunds Pands semua pakai kartu kredit. Maap juga yah kalo pertanyaanku terdengar aneh, aku dulunya bener2 ga ngerti dan ga care sama semua hal2 keuangan. Sekarang ngerasa perlu buat melek-finansial hehe secara kebutuhan meningkat penghasilan tetap berlaku terus nih jaman sekarang :-)

Dari dulu ampe sekarang (walaupun udah mulai mikir-mikir) aku sangat konvensional berkata TIDAK pada kartu kredit. Ya kalo tak punya uang ya tak usah beli barang, kalo mau beli barang yah dikumpulin dulu uangnya, ada, baru beli. Tapi akhir-akhir ini sering kepikiran, kalo (misalnya) uang yang kita punya (tabungan) dipake buat modal usaha, sementara untuk menyiasati misalnya kebutuhan sehari-hari pake gaji dari kantor, nah pas butuh dana besar misalnya di RS 'kayaknya' (hmm...) kartu kredit diperluin deh (hehe apa aku pembenaran diri nih...karna sudah mulai berfikir...ah selama rajin bayarnya kan ga kena bunga :-) )

Nah gimana pengalaman Bundas Pandas tentang kartu kredit ini. Untung ruginya punya kartu kredit, baik buruknya pengaruh kartu kredit terhadap perekonomian eh maksudnya keuangan keluarga dan usaha. Sharing ya Bunds Pands, aku niatnya biar makin gape ngatur keuangan
keluarga dan usaha. Ditambah lagi ilmu yang bakal didapet pas Financial Talk weekend ini akan sangat bermanfaat banget (catet...) untuk self-starter dalam berbisnis dan berumahtangga seperti aku.

Ditunggu sharingnya yah


Mirta

________________________

Jawab :

Salam kenal Bunda Mirta dan BIBERS,

Saya juga salah satu yang sempet kena sindrom " TIDAK " untuk kartu kredit atas alasan takut jebol, males bayar iuran tahunan, kalo bisa cash kenapa harus kredit, dan masih banyak alasan lainnya.

Untung/rugi kartu kredit mungkin relatif tergantung bagaimana kita menyiasati penggunaan kartu kredit itu sendiri. Setelah mulai melek finansial, banyak membaca setahun lalu saya secara sadar apply permohonan kartu kredit ke salah satu bank swasta Indonesia.

Mungkin beberapa saran yang bisa saya berikan berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna CC :

1. Bijaksana dalam menggunakan CC. Artinya kebutuhannya tepat, tidak semata-mata konsumtif
2. Jangan pernah menganggap CC sebagai uang lebih .... saya kadang sering tergoda untuk berbelanja yang ga perlu saat tagihan CC bulan sebelumnya terbayar lunas ... sekali lagi jangan pernah menganngap CC sebagai uang lebih karena CC tak lebih dari sebuah " hutang "
3. Disarankan untuk membayar CC tepat waktu .. disiplin ... jangan karena alasan lupa kita justru harus menanggung sejumlah beban atas bunga karena ketidakdisplinan kita
4. Keuntungan lain CC menurut saya :
- Kadang pas akhir bulan .. mungkin gaji belum masuk rekening sementara sisa cash menipis dan kebutuhan susu buat anak harus terbeli .. CC sering menjadi alat bantu pembayaran sementara. Begitu tagihan CC datang ... kembali dengan disiplin membayarnya tepat pada waktunya
- Pengalaman teman ... saat anaknya harus dirawat di RS ... sementara claim asuransi belum langsung cair , kartu credit kembali menjadi sebuah alat bantu bayar.

Intinya bunda ... bagaimana kita menggunakan Kartu Kredit ini dengan bijaksana. Jangan sampai karena pola penggunaan CC yang salah justru kita terjerumus dalam lilitan hutang.

Salam,
Eka
http://www.mom-talks.blogspot.com

1 komentar:

Elyani mengatakan...

Setuju banget, Ka. Pakai CC kalau ga tahan godaan malah jadi berbuntut bencana. Selama ini mbak cuma pakai 1 CC dan itupun cuma yang standard, padahal pihak Bank sering menyarankan untuk upgrade. Sejauh ini mbak selalu tepat waktu dalam hal melunasi tagihan dan nggak pakai ngutang...hihihi...ada teman yang bilang "bodo lu..., buat apa pakai CC kalau bayar-nya ga kredit?"... Lha, wong pemakaian-nya juga ga gede2 amat, ngapain juga capek2 bayarin bunga? Mbak juga termasuk hati2 dalam menggesek kartu dan musti lihat sendiri pas CC di swipe. Seumpama ga sreg sama merchant-nya mendingan niat beli diurungkan dulu, kalau bisa Cash...ya bayar tunai aja. Bukan-nya apa2, tapi cuma jaga2 untuk menghindari penyalahgunaan.